Cantiknya Kebun Bunga Begonia Glory Lembang

Setelah puas keliling di Farm House di post sebelumnya  dan sholat zuhur, kami sekeluarga kompak kelaparan hehe maklum jam sudah menunjukkan pukul 13.30 WIB jadi kami makan siang terlebih dahulu. Kebetulan kami menemukan tempat makan yang tidak jauh dari Farm House yaitu Saung Pengkolan. Ternyata setelah cari digoogle, rumah makan ini cukup terkenal dan banyak cabangnya di Lembang. Rumah makan ini menyediakan menu – menu nasi liwet khas sunda dengan harga terjangkau dan rasa yang menurutku cukup enak. Setelah kenyang memberi makan cacing – cacing diperut ini, kami kembali bersemangat untuk mengeksplore tempat selanjutnya. Selanjutnya kami mengunjungi Kebun Bunga Begonia Glory.

Asal Mula Kebun Begonia Glory
Kebun Begonia Glory merupakan kawasan yang ditanami dengan berbagai macam bunga taman yang didirikan dengan tujuan memperkaya dan menjaga berbagai macam jenis bunga yang ada di Indonesia. Nama Begonia sendiri diambil dari nama salah satu bunga yang menjadi primadona dari dataran tinggi Lembang yaitu Bunga Balinea. Balinea adalah bunga begonia dari bali yang memiliki bentuk dan warna yang sangat cantik. Bunga ini bisa tumbuh baik di dataran tinggi maupun dataran rendah, bisa tumbuh lebat disepanjang musim, dan sangat tahan dengan cuaca ekstrim sehingga mudah dalam pemeliharaannya.

Pintu Masuk Gerbang Kebun Begonia

Lokasi & Jam Buka Kebun Begonia Glory
Kebun bunga begonia berlokasi di Jalan Maribaya No. 120 A Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Jawa Barat. Kalau kemarin, kami berangkat dari farm house jaraknya hanya sekitar 5 km dan hanya membutuhkan waktu sekitar 15 menit. Perjalanan kesana seperti biasa kami bermodalkan google maps hehe. Kebun bunga begonia ini berada di sebelah kanan jalan, sebenarnya kalau dari luar yang lebih menonjol adalah bangunan restaurantnya sehingga kami sempat agak ragu apakah benar disini tempatnya, tapi ternyata disamping restaurantnya baru terlihat ada tulisan kebun bunga begonia. Tempat wisata ini buka setiap hari dari jam 08.00 WIB – 17.00 WIB.

Baya Tiket Masuk Kebun Begonia Glory
Untuk dapat menikmati pemandangan berbagai jenis bunga yang cantik, kita harus membeli tiket masuk di loket terlebih dahulu. Terdapat beberapa kategori untuk harga tiket masuk ke kebun begonia, yaitu
  • Harga tiket untuk wisatawan lokal Rp. 20.000/orang
  • Harga tiket untuk wisatawan asing Rp. 25.000/orang
  • Tiket tambahan bila membawa kamera baik mirrorless/DSLR Rp. 50.000/kamera
  • Harga tiket untuk foto prewed Rp. 350.000 / 2 jam
Setelah membayar, kita diberikan tiket yang dipasangkan sebagai gelang ditangan dan juga digantungkan dikamera karena aku kemarin juga membeli tiket untuk kamera.

Fasilitas Kebun Begonia Glory
1. Fasilitas Umum
Fasilitas umum yang tersedia di area Kebun Begonia antara lain yaitu lahan parkir mobil dan motor yang luas, tempat makan, mushola, toilet umum yang bersih dan nyaman digunakan, dan tempat penjualan bunga apabila hendak membeli bibit, bunga, pot, dan pernak – pernik taman lainnya untuk dibawa pulang sebagai oleh – oleh.

2. Taman Bunga Aneka Warna
Setelah kita membeli tiket masuk, selanjutnya kami langsung memasuki area utama dari kebun begonia ini. Dipintu masuk disediakan topi caping (topi petani) yang bisa kalian gunakan untuk properti foto ataupun melindungi kalian dari sinar matahari kalau datang kesini ketika lagi terik – teriknya. Setelah masuk kita langsung disambut dengan hamparan berbagai macam jenis bunga warna – warni nan cantik yang sangat memanjakan mata bagi siapa pun yang melihatnya. Beneran deh bagus banget !! Bunganya warna – warni dan jumlahnya tuh banyak banget gak seperti taman bunga yang pernah aku kunjungi sebelumnya ketika di puncak yang bunganya tuh ala kadarnya banget.

Hamparan Bunga Warna - Warni

Bunga Ditata Dengan Rapi

Bunga – bunga di kebun ini ditata sedemikian ciamik sehingga menghasilkan spot – spot foto yang unik dan instagramable seperti kereta kencana, mobil cinta, kerangka mobil yang dikelilingi bunga, telur hias, keong raksasa, dan spot lainnya yang bisa menambah koleksi foto – foto kalian.  Saat berkunjung ke sini, kita gak perlu takut menginjak bunga dengan sengaja ataupun tidak sengaja karena hampir semua bunga ditanam dalam polybag dan juga terdapat jalan setapak sehingga kita bisa leluasa menjelajah semua bagian kebun bunga.

Mobil Cinta Serasa Pacaran Masa Muda :)
Motor Yang Dikelilingi Bunga
Spot Foto Selain Bunga

Spot Foto Taman Kurcaci
Spot Foto Telur Dinasaurus

Tips and Trick agar hasil foto kalian di kebun begonia ini memuaskan :
  1. Datang ketika cuaca sedang cerah.
  2. Datang sekitar jam 09.00 – 10.00 atau sekitar jam 14.00 – 15.00 supaya dapat pencahayaan matahari yang pas soalnya di jam – jam segitu mataharinya udah muncul tapi enggak terik/silau banget.
  3. Dandan secukupnya dan pakailah pakaian yang cerah dan cantik yang cocok sama tema kebun, setidaknya kamu enggak kalah cantik sama bunganya huehehe
  4. Tips terakhir dan yang paling penting adalah pergilah bersama orang yang suka foto – foto supaya bisa gantian saling foto dengan ikhlas, jadi hasil fotonya bagus deh hehehe

3. Area Memetik dan Membeli Buah dan Sayuran
Selain hamparan bunga dan spot foto yang menarik, masih ada area lain yang terletak di belakang setelah area hamparan bunga. Di area ini kita bisa melakukan aktivitas petik buah dan sayuran untuk dibawa pulang (dibeli) atau memilih untuk memasak sayur langsung di lingkungan Kebun Begonia. Beberapa jenis tanaman sayur dan buah yang ada di lokasi ini antara lain brokoli, terong, jagung, tomat, ceri dan masih banyak lagi. Area ini cocok apabila kalian membawa anak – anak, mereka pasti akan senang karena bisa sekalian belajar mengenai jenis – jenis buah dan sayuran serta cara untuk memetiknya. Akan tetapi, aku sekeluarga gak melakukan aktivitas ini, jadi kita hanya melihat kebun – kebun sayurannya aja.

Area Memetik Buah dan Sayur
Area Bila Ingin Membeli Bunga

4. Area Berkuda dan Outbound
Fasilitas lainnya yang juga bisa dinikmati adalah fasilitas berkuda (untuk anak – anak) dan fasilitas outbound. Dikarenakan aku gak mencoba fasilitas ini, jadi aku mencari informasinya melalui google. Berdasarkan hasil pencarian, konsep outbound yang terdapat di Kebun Begonia ini bernama Fun Treasure Hunt. Beberapa kegiatan outbondnya yaitu puzzle treasure, farm trekking, pinata, dan juga secret passage yang sangat sertu untuk dilakukan bersama keluarga maupun teman – teman ketika berkunjung kesini. Dikarenakan aku enggak mencoba aktivitas ini, jadi aku kurang tau permainannya itu bagaimana karena jujur kemarin gatau juga kalau ternyata ada fasilitas outboundnya.

Setelah puas melihat – lihat bunga di area ini dan karena waktu juga sudah sore dan kami sudah lumayan kelelahan, akhirnya kami memutuskan untuk keluar dan pergi menuju ke tempat penginapan kami yang kami pilih cukup berbeda kali ini (review tempat penginapan akan ada dipost selanjutnya). Begitulah cerita kami sekeluarga liburan kesini. Menurutku lumayan seru liburan kesini, bunga warna warni yang membuat mata dan pikiran jadi seger. Tempat ini juga cocok untuk liburan sambil belajar bersama anak – anak.

Semoga tulisan ini dapat memberikan informasi bagi kalian yang mau berwisata ke Kebun Begonia Glory Lembang yaa tentunya setelah pandemi ini selesai yaaaa

-enjoy-
“A rose can never be a sunflower, and a sunflower can never be a rose. All flowers are beautiful in their own way, and that’s like women too.”  Miranda Kerr