Beras Basah Island Bontang

Sebelum certia tentang beras basah, mau cerita sedikit dulu ya tentang kenapa bisa mengunjungi kota ini. Yup, aku masih enggak percaya bahwa aku bisa - bisanya kerja praktik di Bontang, Kalimantan yang nama kotanya aja baru aku denger beberapa bulan yang lalu. Kepikiran bisa ke kalimantan aja enggak karena enggak punya sodara ataupun teman disana, but here I am,  Agustus 2016 arrived safely and stayed in Bontang for about two months. Aku harus mengakui bahwa aku sangat bersyukur memutuskan untuk mengiyakan ajakan kerja praktik di Bontang because I had so much fun, make good friends and memories in Bontang! Oke cukup nostalgianya.

Beras basah merupakan sebuah pulau kecil yang terletak di Bontang, Kalimantan Timur. Asal-usul nama beras basah sendiri menurut cerita rakyat setempat berasal dari kata beras dan basah, Katanya, dahulu kala terdapat kapal milik kesultanan kutai yang sedang berlayar di selat Makassar yang membawa bahan pangan salah satunya adalah beras. Kapal tersebut tiba-tiba saja karam, dan menumpahkan bawaanya, tapi tempat kapal tersebut karam dangkal sehingga tidak semua barang bawaannya tenggelam, sebagian beras tidak tenggelam melainkan muncul seperti gundukan. Lama-kelamaan gundukan itu berubah menjadi pulau berpasir putih seperti beras yang selalu basah karena dikelilingi oleh lautan.

Akses Ke Beras Basah
Perjalanan dari Bontang menuju pulau Beras basah ditempuh dengan menggunakan kapal selama 40 menit. Kapal dapat disewa di Bontang Kuala atau Tanjung Laut. Harga penyewaan kapal tergantung kapasitas dari kapalnya. Kemarin, saya bersama teman – teman saya menyewa kapal dengan kapasitas 30 orang dengan harga Rp 600.000Penyewaan kapal sudah termasuk pelampung, dan perjalanan pulang – pergi.

Tanjung Laut

Kapal Penyewaan

Kami (22 orang) berangkat menuju pulau beras basah sekitar jam 13.00 WITA dari pelabuhan Tanjung Laut dan sampai sekitar jam 13.30 WITA. Bagi yang mabuk laut, sebaiknya mempersiapkan perlengkapannya karena ombak menuju pulau ini lumayan besar ditambah adanya angin. Saat kami sampai di pulau beras basah, kami disambut dengan teriknya matahari dan pemandangan indah pulau ini. Sebelum kami berkeliling, kami meletakkan barang – barang kami di tempat umum. Beruntungnya, ketika kami berkunjung ke beras basah ini, tidak ada pengunjung lain yang berkunjung, hanya ada sekelompok kecil bapak – bapak dan turis (sekitar 5 orang) sehingga kami tidak perlu menyewa gazebo dan bisa meletakkan barang – barang kami di tempat duduk biasa.

Perjalanan Menuju Pulau Beras Basah

Tempat Meletakkan Barang & Beristirahat

Setelah itu kami berkeliling pulau ini untuk mengetahui ada apa saja di pulau ini. Panorama yang disajikan pulau ini bagus. Banyak pohon-pohon kelapa yang tumbuh menghiasi pulau. Pasir pantainya putih dan lembut membuat pengunjung tidak perlu takut untuk bermain di pulau ini tanpa alas kaki. Bila beruntung, kalian juga bisa menemukan cangkang kerang laut cantik yang bisa kalian bawa pulang sebagai oleh – oleh. Air lautnya jernih membuat kita bisa melihat ikan dan binatang-binatang laut yang lalu lalang di dalamnya. Di pulau ini terdapat gazebo yang bisa disewa untuk digunakan sebagai tempat beristirahat, penjual makanan dan minuman serta terdapat musholla dan toilet. Namun, bila ingin menggunakan toiletnya, kita diwajibkan membeli air bersih seharga Rp. 5000 untuk air sekitar 5 liter karena belum ada pasokan air bersih dipulau ini.

Pulau Beras Basah

Banyak hal yang dapat dilakukan di pulau ini, salah satunya tentu berfoto untuk mengabadikan momen di pulau ini. Banyak tempat bagus di pulau ini yang bisa untuk berfoto.  Berikut merupakan tempat – tempat yang biasanya dijadikan tempat untuk berfoto

1. Jembatan Pulau Beras Basah
Tempat yang pertama adalah jembatan pulau beras basah. Ini merupakan tempat foto paling digemari karena tempat ini merupakan tempat pertama menginjakkan kaki di pulau ini dan menjadi ciri khas dari pulau beras basah. Berfoto dengan latar belakang pemandangan pulau beras basah yang indah dan hamparan laut nan biru akan terekam jelas di kamera kalian.

My Happy Face

2. Mercusuar
Salah satu daya tarik atau ciri khas pulau ini adalah adanya mercusuar setinggi 15 meter yang berada di salah satu sudut pulau digunakan untuk memandu kapal - kapal yang ingin menuju ke Bontang. Sayangnya mercusuar ini ditutup sehingga pengunjung tidak bisa melihat ke dalamnya dan hanya bisa berfoto di depannya saja

Mercusuar

3. Tumpukan Bebatuan
Terdapat gundukan bebatuan yang berada di tengah laut. Entah memang sengaja diletakkan disana atau bagaimana, aku juga enggak tahu. Namun, tempat ini dapat dijadikan objek foto yang bagus bila kalian berkunjung ke pulau ini

4. Laut, Kapal, Pohon dan Pasir
Dan tempat terakhir tentunya adalah laut. Kalian bisa berfoto sepuasnya dengan latar belakang laut yang sangat luas , pasir yang putih, awan yang indah, pohon – pohon kelapa yang daunnya melambai – lambai dengan air laut yang sangat jernih.

Selain bisa berfoto – foto, kegiatan lain yang bisa kalian lakukan yaitu bermain banana boat dan snorkeling. Banana boat dapat disewa dengan harga Rp.180.000 untuk 8 orang. Untuk snorkeling terdapat tempat penyewaan alat snorkeling dengan harga Rp.30.000  . Saya sangat menyesal tidak snorkeling kemarin, padahal menurut teman saya pemandangan bawah laut di pulau ini sangat indah, ikannya banyak dan terumbu karang nya juga sangat indah. Jadi bagi kalian yang ingin berkunjung ke pulau ini, pastikan kalian membawa baju ganti agar kalian bisa snorkeling menikmati pemandangan bawah laut pulau beras basah ini.

Sudah lelah berkeliling dan menikmati keindahan pulau ini, kami pun pulang sekitar jam 5 sore.

The Team

Menurutku, pulau ini wajib dikunjungi apabila kalian berkunjung ke Bontang, karena pulau ini memiliki pemandangan pantai dan keindahan laut yang cukup terjaga walaupun ada sampah berserakan tapi masih dalam batas normal. Namun sayangnya, pulau ini terancam akan ditutup karena terdapat alat navigasi  untuk mengatur lalu lintas kapal dari dan ke PT Badak NGL yang seharusnya bebas dari aktivitas. Apapun nanti keputusan pemerintah bontang, yang pasti dipertimbangkan untuk keselamatan warga disana.